33 dan Berat Badan

Dear Kakak,

sekarang usiamu kira-kira sudah 33 minggu. Tak terasa sebentar lagi kita akan jumpa ya. Namun sebelum sampai sana, ayah, dan khususnya ibu, perlu berusaha lebih keras. Penyebabnya, berat badanmu belum ideal seperti bayi berusia yang sama.

Sebelumnya, pada minggu 30, kolesterol ibu cukup tinggi. Dokter pun menyarankan untuk tes kesehatan lalu mengurangi asupan yang menjadi penyebab kolesterol tinggi; setelah sebelumnya berkonsultasi dengan dokter gizi.

Selain itu, di minggu yang sama, posisi kepalamu masih belum ada di bawah. Alhasil ibu melakukan senam, atau gerakan lain supaya kepalamu ada di bagian bawah.

si kakak dan ibu

si kakak dan ibu

Pada minggu 33, keduanya sepertinya sudah teratasi. Namun diketahui, berat badannmu masih belum ideal seperti pada umumnya. Biasanya bayi 33 minggu beratnya sudah 2 kilograman. Saat ini kamu baru 1.8kg.

Berat badan ibu juga tidak naik pesat; sepesat ibu-ibu hamil yang bisa naik hingga 10-20kg. Ia hanya naik sekitar 6kg. Padahal ibu itu makannya banyak lho..

Kalian berdua pun akhirnya menaikkan asupan makanan, khususnya protein. Termasuk ada tambahan minuman tinggi nutrisi. Dokter juga menyarankan meningkatkan cadangan zat besi, dengan mengonsumsi sayuran hijau. Sebenarnya, zat besi sudah cukup, namun cadangan yang mungkin dipakai saat melahirkanmu, itu yang kurang.

Doakan ya kakak. Semoga makanan yang tetap dan sehat bagi ibu dan kamu, bisa terkonsumsi dengan baik. Semoga kamu, ibu dan ayah akan sehat-sehat sajaa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *