70 Tahun RI: HistoRI Masa Depan

Penikmat foto atau sejarah, perlu mampir-mampir ke Galeri Foto Jurnalistik Antara, di kawasan Pasar Baru. Seak 14 Agustus hingga 17 Oktober 2015, sedang ada pameran dan penerbitan buku foto “70 Tahun RI : HistoRI Masa Depan.” Namun tak hanya itu lhoo.

Foto-foto dalam ruang pameran, berasal dari periode Perang Revolusi Kemerdekaan (1945-1950), dan didapat atas hasil kerjasama Kantor Berita Antara dan Museum Bronbeek di Arnhem, Belanda. Hermanus Prihatna (Antara Foto), Pauljac Verhoeven dan Hans van den Akker (Museum Bronbeek) berhasil mengumpulkan foto, pamflet, poster propaganda dan komik gerilya untuk ditampilkan dalam ruang pameran. Berikut ini beberapa fotonya:

Sambutan di pintu masuk ruang pameran

Tentara Rakjat

Ruang pameran utama

Bung Karno

Sudut ruang pameran

Nikahan pada masa itu 😀

Namun yang paling oke adalah adanya apps Android Histori Masa Depan, yang bisa diunduh, dipasang dan digunakan untuk memindai foto. Setelah dipindai menggunakan kamera, akan muncul cerita yang terkait. Keren euy! Coba semua museum ada pelengkap seperti ini, pasti seru. Apalagi kalau konten apps tidak hanya teks, namun ada video, animasi, dsb. Sejarah Indonesia pasti akan lebih menarik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *