Tongue & Lip Tie

Dear Francis,

Selamat ulang bulan yang kedua. Setelah memeriksakanmu ke dokter anak, beratmu kini sudah mencapai 4,6kg. Panjang badanmu sudah 57,5cm. Lingkar kepalamu sudah 38,5cm. Meski sudah meningkat semenjak engkau lahir, berat badanmu masih “hutang” 1kg lagi. Itu pun ayah, ibu dan kamu sudah berusaha keras. Apalagi 2 minggu sebelumnya kita baru dapat informasi bahwa kamu itu tongue tie.

Continue reading

Growth Chart WHO dan CDC

Dear Francis,

Sebulan lebih usiamu kini. Dalam sebulan ini, kita semua seperti berkejar-kejaran dengan berat badanmu. Dokter anak yang memeriksamu, menargetkan berat badanmu sampai pada angka tertentu di tiap bulannya. Konsekuensinya, kamu perlu mengonsumsi susu formula sebagai suplemen ASI. Ia mendasarkan target tersebut dari growth chart keluaran World Health Organization (WHO). Namun ada juga growth chart lain, yaitu keluaran Center for Disease Control and Prevention (CDC). Nah lho, bedanya apa? Ayah mencoba mencari tahu supaya lebih paham dengan apa yang disarankan kepadamu.

Continue reading

Susu Rasa Baru

Dear Francis,

Masih teringat kamu lahir dengan tangisan kencang yang menemani. Saat itu, berat badanmu diukur mencapai angka 3,3kg. Saat itu ayah dan ibu kaget, karena selama ini dokter memprediksi kamu hanya akan lahir dengan berat sekitar 2,9kg. Begitu pulang dari rumah sakit, beratmu menjadi 3,2kg. Seminggu berlalu, 2 minggu berlalu, dan akhirnya kami kontrol ke dokter ketika usiamu 1 bulan lewat. Keputusan besar pun harus kami ambil setelah itu.

Continue reading