Kuliah Umum Diagnosa Autisme

Jumat, 21 November 2014, aku berkesempatan menghadiri kuliah umum Peter Newcombe. Ia adalah profesor dan peneliti dari University of Queensland, yang banyak bergerak di bidang psikologi perkembangan anak, seperti kualitas hidup atau kesejahteraan psikologis. Dalam kuliah kali ini, ia memaparkan penelitian bersama mahasiswanya dengan judul Psychology in Developing Country: The Case of Diagnosing Autism.

Sesungguhnya, merasa agak tertipu, karena tema yang tertulis di undangan kuliah umum adalah tren terkini penelitian di psikologi. Nyatanya adalah tentang autisme. Namun tak masalah, pengetahuan baru adalah pengetahuan yang layak dipelajari.

Continue reading

Televisi Pendidikan, Apa Kabarmu?

Tanggal 10 November lalu aku baru tahu bahwa Sesame Street berulang tahun ke 45, setelah membaca blog Chika. Jadi teringat ketika kecil aku belajar Bahasa Inggris lewat acara televisi itu; dan jadi teringat acara pendidikan yang kurang lebih tujuannya sama.

Di dalam acara yang biasanya tayang pada siang hari setibanya aku di rumah itu, ada bermacam tokoh yang berinteraksi tanpa diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Nampaknya dari Sesame Street, aku berkenalan dengan Bahasa Inggris dan mempelajarinya.

Continue reading

Interstellar: Angkasa Luar nan Indah dan Imajinatif

Meskipun ditemukan beberapa kelemahan dalam keilmuan di baliknya, Interstellar tetaplah sebuah film yang indah dan memancing imajinasi.

Sabtu (08/11/2014), sehari sejak dirilis di bioskop, aku berkesempatan menonton  Interstellar. Film ini disutradarai oleh Christoper Nolan; orang yang sama yang menyutradarai trilogi Dark Knight, Inception dan juga Memento. Ketiganya mendapatkan rating tinggi di IMDb. Bahkan, baru 2 hari dirilis, Interstellar sudah mendapatkan rating 9.1 di IMDb.

Continue reading

Mitos Otak dan Pendidikan

Ternyata mitos tidak hanya ada di dalam cerita fiksi namun di dunia pendidikan, dan mitos itu menjadi dasar bagi pengajaran yang tidak efektif, menurut sebuah makalah yang terbit di Nature Review Neuroscience 15 Oktober 2014.

Apakah anda pernah mendengar bahwa manusia hanya menggunakan 10% otaknya? Atau manusia dengan otak kanan dominan lebih kreatif dari manusia yang dominan otak kiri? Kedua “fakta” tersebut ternyata merupakan neuromyths, atau mitos tentang otak, dalam publikasi oleh Paul A. Howard-Jones.

Continue reading

Menuju Cipanas, Sampainya ke Nirwana

Sejak berangkat pukul 6 pagi, sudah terbayang Taman Bunga Nusantara, seperti yang kukunjungi di awal 2012. Namun karena kami pergi di hari ketiga libur lebaran, semua warna-warni kembang yang terbayang, memudar segera.

Kami berangkat bertujuh: Ibu, Bapak, 3 kakak dan 1 keponakan. Kami pergi dari Ciganjur, dan masuk tol Cijago. Karena lewat tol itu, kami lebih cepat sampai dekat tol Ciawi. Bersyukur sekali, saat kami tahu ternyata ada kemacetan dari tol di kawasan Cawang hingga Ciawi.  Continue reading