Home » Harian » Refleksi » Ditampar Hebat

Ditampar Hebat

Kesombongan, tak kusadari telah menggerus niat untuk lanjut kuliah S2; dan aku menyadarinya dengan cara menyakitkan.

Kupikir perjalananku setahun ini akan membawaku ke kota Enschede, kota kecil di Belanda tempat bermukimnya University of Twente. Namun kenyataan bicara lain. Meski sudah diterima di universitasnya, aku tak mendapat satu pun beasiswa. Alhasil, tak punya uang cukup untuk berkuliah.

Sedih, pasti. Bertanya-tanya, iya. Tak terima, juga. Tapi kini ku belajar dari pengalaman itu.

Kalau kulihat lagi apa-apa yang terjadi dan kupikir serta kurasa selama ini, ada kesombongan yang menjadi kompasku.

Sejak pertengahan 2010, saat pertama kali minat kuliah di Enschede muncul, virus itu sudah muncul. Kala itu aku mengunjungi open house UT di Bandung. Dari pendaftar di sana, banyak yang nota bene adalah lulusan dari universitas-bukan-universitasku. Dan aku, dengan sombongnya berkata, “gue pasti bisa keterima!”

Seorang penerima beasiswapun juga dari asalnya dari suatu instansi pemerintar, lulusan universitas negeri yang lagi-lagi bukan-universitasku. “Gue kerja di Depok. Gue pasti bisa lebih dari dia.”

Namun ternyata tidak. Dia saat ini mungkin sudah akan lulus dan kembali ke Indonesia. Sedangkan aku? Masih di sini-sini saja. Aku seperti ditampar dengan hebat. Sekali saja, namun dengan hebat.

Aku malu. Benar, malu. Kesombongan telah menjadi bahan bakarku selama ini. Untuk saat ini, aku akan mendinginkan diri dulu, mencoba menyelami, apa motivasi terdalamku kini.

Dan dengan rendah hati, Tuhan, aku mohon ampunanMu.

  • Dane

    sabar ya om.. sepupu gw juga udah diterima univ di Belanda dan ga jadi pergi karena Dikti-nya lagi mengurangi beasiswa.. banyak yg senasib kok.. (cozy)

    • http://fatriatmokohs.com FA Triatmoko HS

      makasih tante. perubahan macam ini yg harus siap dihadapi *lirik artikel lapak sebelah* :D

  • Dane

    sabar ya om.. sepupu gw juga udah diterima univ di Belanda dan ga jadi pergi karena Dikti-nya lagi mengurangi beasiswa.. banyak yg senasib kok.. (cozy)