Home » Refleksi » Kaleiblogskop 2011

Kaleiblogskop 2011

Seru juga tampaknya membuat daftar tulisan yang berhasil kubuat selama setahun ini. Sekaligus bisa mengingat-ingat apa saja pengalaman di tahun ini.

Yuk dimulai!

Di bulan Januari, aku membuat 5 tulisan. Tema besarnya adalah pengumuman pendaftaran kuliah di University of Twente dan kondisi terkini rumah baru keluargaku.

Februariku menghasilkan 3 tulisan. Tak ada tema umum di bulan ini.

  • Gratitoday: 080211, 8 Februari 2011. Hari itu kebersyukuranku diisi tentang kegiatan di kantor, (masih) tentang penngumuman kuliah, sakitnya kekasihku dan highlight-nya adalah sepatu baru untuk jogging.
  • Belajar Menulis Cerita Pendek, 9 Februari 2011. Ternyata di bulan ini, aku memulai ikut belajar di kelas online cerpen PlotPoint. Pengajarnya, Mbak Sitta Karina. Seru sekali belajarnya! Dapat ilmu baru, sekaligus menambah teman baru.
  • Sayang, Aku Bukan Supir, 15 Februari 2011. Tulisan yang satu ini dipicu oleh pernyataan seorang selebriti tentang rasa sayangnya pada sang pacar. Dari wawancara diketahui bahwa alasan si selebriti wanita sayang pada si selebriti pria adalah, “Dia selalu ada saat aku butuhkan.”

Bulan Maret menjadi bulan tersepi di blog. Cuma ada 2 tulisan di sana.

  • Berhentilah Mengirimi Saya SMS!, 4 Maret 2011. Saat itu sedang marak-maraknya pesan singkat yang berisi iklan-iklan yang tak kubutuhkan; dan dari nomor-nomor tak dikenal. Karena itu, aku mencari info bagaimana bisa mengatasi hal itu. Dan ternyata memang ada nomor ponsel dimana kita bisa mengadukan iklan-iklan tersebut.
  • Gratitoday: 120311, 12 Maret 2011. Tema hari itu adalah diterimanya kekasihku di Leiden serta wawancaranya dengan Edinburgh University yang berjalan lancar. Selain itu, aku juga mulai mengurus dokumen aplikasi beasiswa Depkominfo.

Di bulan April, tema besar dari 7 tulisanku adalah kebahagiaan dan perenungan.

  • Gratitoday: 040411, 5 April 2011. Hari itu ceritaku tentang selesainya kelas online cerpen, pengurusan beasiswa dan nostalgia membeli komik silat Pukulan Geledek.
  • Dari Enschede, 17.00 WIB, 5 April 2011. Yeah! Aku diterima di program Curriculum Instruction and Media Application di University of Twente, Belanda!
  • Belajar Dari Ayu Utami, 5 April 2011. Di hari yang sama aku juga menceritakan pengalaman berkunjung ke rumah Ayu Utami bersama teman-teman penulis Agenda 18. Yap, the Ayu Utami!
  • Tentang Kesederhanaan, 7 April 2011. Ini jenis tulisan paling kusuka: kisah sehari-hari, nyata, penuh emosi dan refleksi. Kali ini tentang pandangan dan refleksiku mengenai konsep kesederhanaan dalam pikiranku. Tak disangka, ada 35 jempol like dari Facebook. Terima kasih pada siapapun itu, atas jempolnya!
  • Senja Remang-remang, 15 April 2011. Ini adalah salah satu hasil kelas cerpen PlotPoint. Isinya tentang obrolan emosional suami istri di suatu sore.
  • Gratitoday: 150411, 15 April 2011. Rasa syukur hari itu fokus pada pengalaman menggantikan atasanku untuk rapat di Dirjen Pendidikan Tinggi, tentang pendidikan jarak jauh.
  • Monggo Coklatnya, 18 April 2011. Tulisannya tentang amarah karena coklat monggoku yang hilang diambil masku. Namun, apakah itu sebanding dengan rasa persaudaraan kami? Tentunya tidak.

Bulan Mei 6 tulisan di blog ini isinya seputar cerita pendek dan awal masa berat dalam hal pendidikan.

  • Bersabarlah Kekasih, 17 Mei 2011. Ingat kekasihku yang telah diterima di Leiden University? Sayang sekali dia tak dapat beasiswanya, sehingga tak bisa lanjut untuk bisa berkuliah. Namun kami masih menunggu pengumuman beasiswa StuNed.
  • Berpisah Dengan Mentari, 27 Mei 2011. Ini satu lagi hasil kelas cerpen PlotPoint. Ceritanya tentang penantian seorang istri yang suaminya tak kunjung pulang melaut.
  • Ada Meski Tak Terlihat, 27 Mei 2011. Sehari sebelumnya, aku berulang tahun ke 29 dan menerima banyak ucapan selamat ulang tahun. Beberapa diantaranya adalah orang-orang signifikan dalam hidupku. Di hari itu pula aku belajar bahwa meski tak selalu mengungkapkan secara langsung, tapi mereka selalu menyayangiku.
  • Pertunjukan Inovatif Jabang Tetuko, 29 Mei 2011. Pada 28 Mei 2011 aku dan kekasih menonton sebuah pertunjukan wayang orang dipadu dengan teknologi media dijital. Seru dan inovatif!
  • Awan Kecil, 31 Mei 2011. Lagi-lagi cerita pendek, tapi kali ini bukan hasil kelas PlotPoint. Isinya tentang percakapan Awan Kecil yang beranjak dewasa dengan ayahnya.
  • Awan Kecil & Burung Jalak, 31 Mei 2011. Lanjutan dari kisah Awan Kecil. Kali ini Awan Kecil bercakap-cakap dengan Burung Jalak yang kemudian mampu meyakinkannya untuk ikhlas.

Bulan Juni, ada 6 tulisan yang cukup acak temanya.

Bulan Juli bisa jadi adalah bulan terberat di 2011. Enam tulisan, tema umumnya penderitaan manusia.

  • Minus Dua dan Nol,  1 Juli 2011. Kalau kupikir-pikir, tulisan ini agak berat karena cukup filosofis. Di sini aku menulis tentang makna angka: plus, minus dan nol. Tak menyangka akan dapat 5 jempol Facebook.
  • Varweel Enschede, 21 Juli 2011. Nampaknya inilah klimaks dari perjuangan mendapatkan kuliah S2 di University of Twente. Dari tiga beasiswa yang kudaftar, tak satupun menghasilkan berita baik. Padahal aku sudah diterima di universitasnya. Sungguh, walau tak kusadari dan sudah coba di-cope,  tetap saja pengalaman ini menggoncang diriku.
  • Edwin McCain – I Could Not Ask For More, 21 Juli 2011. Salah satu lagu favoritku sepanjang masa! Edwin McCain is so underrated!
  • Muse – Invincible, 30 Juli 2011. Nice song with powerful and moving lyrics from Muse.
  • Lebih Baik (Tidak) Sakit Gigi, 30 Juli 2011. Di bulan ini aku mengalami operasi pencabutan gigi yang cukup serius; mengingat kegagalan di operasi pertama dan perlu menanti operasi kedua.
  • Lebih Baik Sehat, 30 Juli 2011. Setelah gagal di percobaan pertama, operasi kedua berjalan dengan baik; meskipun akhirnya mengganggu kegiatan pelatihan yang sedang kujalankan.

Bulan kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini isinya 4 tulisan dengan tema refleksi dan kesedihan.

Bulan Oktober, aku tak banyak menulis, dan hanya menghasilkan 3 tulisan.

Sudah masuk November, dan aku bisa menghasilkan 3 tulisan. Salah satu highlight-nya adalah pernikahan masku.

Untuk bulan Desember, tak ada tulisan selain tulisan ini.

Selama 2011, aku menghasilkan 46 tulisan. Meningkat dari 2010 (22 tulisan) dan 2009 (36 tulisan). Ternyata banyak juga ya! Tidak kusangka.

Dari ke-46 tulisan itu, ada beberapa insight yang kupahami. Pertama, tahun ini seperti naik roller coaster; naik turun. Ada kisah bahagia (rumah baru dan nikahan) tapi juga tak sedikit kisah sedih (berpulangnya Simbah dan kegagalan kuliah lagi). Seru sekali hidupku tahun ini! Dan pastinya banyak yang bisa disyukuri.

Kedua, aku memang lebih nyaman dengan tulisan yang “personal” “reflektif” namun tetap diusahakan “faktual”. Juga ditambah sedikit nuansa cerpen.

Benar lho, seru sekali membuat kaleiblogskop ini. Insightful!

Aku sudah buat, lalu kamu?

  • http://arghett.blogspot.com Kimi

    Saya belum buat. Malas. Soalnya blog saya ada 149 postingan. Malas juga klo dibikin kaleiblogskop begini. :))

    • http://fatriatmokohs.com FA Triatmoko HS

      hahaha. keren amat 100an lebih. mau coba ah (ninja)

      • http://arghett.blogspot.com Kimi

        coba aja, kak! gue tunggu. *halah*

  • http://twitter.com/nesya_luam Maulida B Arbinesya

    waw tulisannya banyak ajaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    • http://fatriatmokohs.com FA Triatmoko HS

      wah, justru ini sedikit sekali kalau dibandingkan teman-teman blogger saya.