Jamu Sinusitis

Salah satu yang menyenangkan dari bekerja di perguruan tinggi adalah berjumpa dengan bermacam dosen yang ahli di bidangnya, termasuk dengan dosen yang menjadi dokter. Bisa diskusi, tanya-tanya dan minta saran tentang kesehatan. Gratis pula.

Suatu waktu, setelah pulang dari dokter THT, aku baru diberi tahu bahwa aku memiliki sinusitis. Gejalanya, nafas tersumbat dan sering pusing di bagian wajah.

“Wah, kukira itu sesuatu yang wajar bagiku. Ternyata…”

Jadilah aku bertanya pada seorang dosen yang kukenal mendalami perobat-obatan. Awalnya bertanya tentang obat secara umum. Ketika kuceritakan tentang sinusku, ternyata ayah-mertuanya; yang juga dokter, mengalami sinus. si Ayah ternyata tak suka minum obat dan mengandalkan ramuan alami. Kemudian aku diberi resep dan juga ramuannya.

Ramuan itu terdiri dari kulit manggis 2 buah (tanpa biji), 1 lidah buaya, 2 buah apel malang dan 2 buah tomat. Semua diblender jadi satu dan direbus sampai mirip bumbu rendang. Ramuan ini kemudian disimpan dalam kulkas, dan sanggup bertahan 3-4 minggu.

Untuk penyajiannya, ambil 1 sendok makan, masukkan dalam cangkir lalu diseduh air panas, dan bisa ditambah madu. Semua diminum hingga ampas-ampasnya habis. Waktunya adalah pagi dan malam.

Jamu dan ampasnya

Sudah sejak 10 Mei 2012 aku memulai minum jamu ini. Awal pertama kali minum, agak ragu-ragu. Rasanya aneh pula. Eneg aku dibuatnya. Namun kelamaan, lidahku sudah terbiasa.

Hasilnya? Sejauh ini nampaknya positif. Yang paling terasa adalah ketika bernafas, hidungku terasa lebih plong. Lanjut si dosen yang merekomendasikan, “ini superantioksidan,” katanya. Itu lho, yang bisa menangkal radikal bebas penyebab rusaknya sel dalam tubuh.

Ini sudah kurang lebih minggu ke-3 aku minum jamu. Tampaknya aku akan memperpanjang masanya; selain terus (usaha) mengurangi minum ber-es.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>