Home » Harian » Kembali ke Rumah Kedua

Kembali ke Rumah Kedua

Sesungguhnya, mengambil S2 tak pernah terpikirkan sebelumnya olehku. Namun ternyata jalanku mengarah ke sana. So let it be.

Semasa kuliah, melihat mahasiswa S2 itu rasanya gimana gitu. Pasti mereka adalah orang-orang serius, akademisi dan juga punya uang lebih untuk membayar sekian puluh juta untuk membayar kuliah.

Sedangkan aku? Dulu cuma mahasiswa biasa yang menjalani kuliahnya. Tak pernah memikirkan IP bagus. Kuliah. Bersosialisasi. Ikut kepanitiaan ini itu. Ikut senat mahasiswa. Dan masih membayar uang kuliah dari dompet bapak ibu.

Namun selepas lulus dan bekerja kurang lebih 3 tahun. Otak terasa tumpul karena tak ada asupan reguler. Belajar banyak hal baru sih, namun semua dilakukan otodidak. Kebutuhan untuk me-recharge isi kepala pun muncul.

Selain itu, bekerja di lingkungan akademis dan berjumpa dosen-dosen hebat itu cukup membuat minder. Mereka sudah bergelar master, doktor bahkan profesor. Aku? Masih saja sarjana. Sedangkan pekerjaanku menuntutku untuk “mengajarkan” sesuatu pada mereka.

Gile aje! Aku yang hanya S1 tapi mengajari mereka. Apa didengarkan?”

Alasan lainnya tentu keuangan. Saat ini ternyata aku sudah bisa membiayai sendiri kuliah itu. Jadi mengapa tidak? Plus, sudah dapat dorongan dari lingkungan kerja, keluarga dan kekasih.

Akhirnya tahun 2011 aku mencoba kuliah di Belanda. Namun ternyata jalanku tidak di sana. Kupikir aku akan bisa jadi “anak desa yang pergi ke Belanda,” tapi ternyata bukan itu.

Sempat sedih dan down saat itu. Namun syukurlah aku berhasil mengangkat diri dan mencari jalan lain. Hingga akhirnya aku pun berlabuh di kampus psikologi; rumah keduaku dari 2001-2006. Tempat aku belajar tentang diri dan kehidupan. And I’m really excited about it!

Challenges? Bring it on!

  • http://arghett.blogspot.com Kimi

    Cieeee Kak Moko kuliah lagi! Gue juga pengen kuliah lagi. Tapi, gak tahu sih kapan. Btw, sukses ya, Kak, kuliahnya! :D

    • http://fatriatmokohs.com FA Triatmoko HS

       uhuy! Thanks Kimi! ayo ayo kuliah lagi! :D