Home » Harian » Ingin Menginspirasimu

Ingin Menginspirasimu

Bepergian dengan bis dan angkot memang menyenangkan; jika kita kesampingkan masalah kemacetan. Saat-saat duduk di kursi yang keras dan jauh dari nyaman itu selalu bisa kugunakan untuk melakukan hal yang kusuka: berpikir. Mulai dari mengomentari papan iklan besar yang terpampang di pinggir jalan, hingga memikirkan krisis iklim atau masalah kehidupan dan kematian. Kadang pikir memikir ini membuatku lelah, namun kadang membuatku terkagum-kagum sendiri; seperti hari ini.

Pagi ini, begitu bangun tidur jam 7, langsung dibuka dengan menulis. Alasanya sederhana: sudah entah berapa lama hari Sabtuku selalu terisi, entah itu dengan bekerja atau pergi-pergi. Jadi ketika ada kesempatan menggunakan waktu yang banyak, kuputuskan untuk mengisinya dengan menulis. Sampai kurang lebih jam 9, sebuah tulisan tentang bangun tidur di pagi haripun selesai tertuang di blog (berlanjut ke milis Agenda 18 dan notes Facebook). Selanjutnya, sempat istirahat sebentar, menonton tivi, lalu mandi dan pergi ke Plaza Senayan.

Selama perjalanan, makin intens ketika perjalanan pulang, pikiranku melayang ke kejadian pagi ini: menulis. Aku memang suka menulis; walau bisa dibilang saat ini sedang dalam keadaan kurang produktif. Topik penulisanku juga beberapa macam; tulisan singkat (macam microblogging 140 karakter), cerita-cerita lucu, (kadang) cerpen, artikel psikologi dan kisah-kisah curhat teman-temanku. Pikiranku di hari ini sedang fokus pada “apa sebenarnya yang mendasari kepenulisan ini?”

Kucoba membedah tulisan-tulisan yang pernah kuhasilkan dan mencoba memahami sari yang sama diantara mereka. Awalnya kupikir, keinginan untuk berbagi yang melandasinya. Memang, Aku senang berbagi sesuatu, tapi nampaknya bukan hanya itu; ada yang lebih dari itu. Tapi apa ya?

Pandangan kuperluas, tak hanya mengenai tulisan, namun juga segala tindak tandukku. Yang terpikirkan adalah saat Aku menyampaikan sesuatu; entah itu saat mendengarkan teman yang curhat, memberikan pendapat tentang skripsi mereka, atau bahkan saat memberikan umpan balik pada pengajar mengenai e-learning. Di dalam kejadian-kejadian itu, Aku menemukan bahwa Aku ingin sekali memberikan pengetahuan, hingga bisa melakukan sesuatu; memotivasi mereka.

Inspirasi! Itu dia istilah yang kucari!

Dari semua yang kulakukan itu, ujung-ujungnya Aku ingin orang tersebut mendapatkan sesuatu; pengetahuan, pemahaman, dll, sehingga mereka bisa melakukan sesuatu. Ya, itulah dia yang kumau, dan Aku menyebutnya menginspirasi. Dan yang lebih menyenangkan adalah: menginspirasi ini bisa dilakukan di segala bidang; baik dalam pekerjaanku menjadi fasilitator, sebagai koordinator komunitas menulis, dan juga ketika teman-teman meminta opiniku. Aku tetap bisa menginspirasi di setiap peran itu.

Kebahagiaan menyelimutiku seketika.

Terbayang besok Aku akan mulai menjadikan ini sebagai dasar dalam bertingkah laku. Sulit memang, tapi paling tidak itu adalah sesuatu yang kusukai dari dalam, sehingga tentunya akan jauh memudahkanku.

Jadi, kalau Aku sudah menemukan apa yang kusuka, bagaimana dengan Kamu?

  • http://bloggerbercerita.blogspot.com Kimi

    Saya gemar membaca. Atau ngaku-ngakunya saya suka membaca. Saya gemar menulis. Itu dulu. Saya juga gemar futsal, tapi sekarang sedang melempem. Hahaha… Menemui kesukaan dan konsisten dengannya, menurut saya, itu penting. Bener gak, Kak?

  • FA Triatmoko HS

    Betul Kimi! Lihat saja orang-orang besar kelas dunia, semuanya punya sesuatu yang diinginkan (atau tujuan), dan konsisten dgn itu. Contoh gampang, coba lihat Leo Messi dan Wayne Rooney dalam dunia sepakbola saat ini. Atau Alex Ferguson dan Arsene Wenger untuk kategori pelatih ;)