Depok atau Bandung?

Dear Kakak,

Saat ini usiamu sudah menginjak 37 minggu. Berat badanmu juga mulai beranjak ke angka yang disarankan oleh dokter. Semua terlihat normal. Namun ayahmu ini sedang sedikit was-was, karena mendekati hari perkiraan kelahiranmu, ayah harus ke Bandung. Wah, bagaimana ini?

Minggu lalu, kamu ditimbang oleh dr. Ovy. Beratmu sebelumnya, sekitar 2kg. Ketika ditimbang lagi, sudah mencapai 2,3kg. Minggu ini, ketika ditimbang dr. Tyas, beratmu sudah mencapai 2,5kg. Relatif aman, meski berat pada umumnya sekitar 2,7kg.

Ibu juga sudah cukup aman. Tekanan darah juga sudah turun, dari 130 menjadi 123. Ketika memeriksa urin, atas anjuran dr. Ovy, tidak ditemukan protein di urin ibu. Syukurlah. Kemungkinan ibu tidak ada penyulit pre-eklampsia.

Sudah 2 kali CTG, hasilnya pun normal. Detak jantungmu normal, pergerakanmu pun normal. Kami senang mendengarkan detak jantungmu melalui pengeras suara. Apalagi ketika ibu menekan tombol ketika kamu bergerak. Senang karena artinya kamu aktif.

calon penjelajah

calon penjelajah

Sehat-sehat terus ya, nak

Sejauh ini, jika tidak ada sesuatu penyulit, kelahiranmu dapat berlangsung secara spontan. Ayah dan ibu harus siap-siap, jika ada tanda-tanda: (1) air ketuban pecah, yang berwarna jernih dan berbeda bau dengan urin, (2) kontraksi yang rutin tiap 5 menit sekali, dan (3) kamu tidak bergerak, minimal 10 kali sehari. Itu artinya kamu harus segera dilahirkan. Untuk poin ketiga, mungkin perlu cesar.

Namun, pada tanggal 26-29 Oktober, ayah harus ke Bandung, nak. Ada undangan presentasi dari Kemristekdikti. Ayah sudah sampaikan ke panitia, baik lokal di UI maupun di kementerian. Ayah dan ibu juga akan memonitor kondisi ibu. Semoga ayah bisa ke sana, sekaligus menemani kelahiranmu di RS. Bunda, pada minggu esoknya.

Kakak, kalau boleh, kamu keluarnya awal November saja ya. Di usia 39 atau 40 minggu. Tapi kalau tidak bisa, ayah dan ibu siap. Yang penting kamu dan ibu sehat-sehat. Ayah dan ibu sayang padamu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *