Dikira jam 2, Ternyata…

Tanda X kulihat ada di kolom di mana mestinya aku mengisi tanda tangan bukti kehadiran kuliah. Ya, siang ini aku tak kuliah; karena kebodohanku sendiri. Huh!

Pukul 12-an aku sudah siap berkuliah. Beberapa tab peramban internet dan dokumen-dokumen segera kututup, lalu komputer pun kumatikan. Berpamitan, kemudian aku pergi menuju kelas.

Jam tanganku masih menunjukkan pukul 12.30-an.

“Masih satu setengah jam lagi aku baru kuliah. Sekarang makan dulu deh.”

Pecel ayam kantin Taman Korea jadi pilihan pengisi tenagaku. Walau rasanya tak senikmat dulu ketika aku kuliah S1, tapi masih lumayanlah rasanya.

Selepas kenyang dan cuci tangan, aku beranjak menuju kantin psikologi.

“Masih setengah jam lagi kuliah mulai.”

Aku pun duduk dan bercengkerama dengan beberapa makhluk mahasiswa di kantin.

Kulihat jam, tak terasa sudah 13.45. Kuangkat tas, notes dan pulpen Pilot yang baru kubeli di koperasi. Dengan santai aku melenggang ke kelas di gedung H.109. Tak sampai 5 menit aku sudah sampai di depan pintu kelas.

Hendak kubuka gagang pintu, saat kulihat di kaca pintu ada segerombolan orang sudah duduk melingkar di dalam kelas.

“Wah, belum jam 2 tapi kelas sudah mulai. Apa ini kelas lain ya? Tapi kok wajahnya teman sekelasku? Waduh, kayaknya aku salah lihat jam kuliah. Sudah pasti gak boleh masuk kelas. Dosennya tidak suka dengan keterlambatan.”

Ya sudah, dengan langkah galau aku meninggalkan kelas berisi kuliah Metode Penelitian Lanjut itu. Kubuka ponsel dan memeriksa jadwal kuliah. Memang betul, jadwalnya adalah jam 13.00.

“Kenapa begini ya? Seingatku kuliahnya jam 2 deh.”

Daripada berpikir lama-lama dan makin galau, aku akhirnya masuk ke perpustakaan dan mulai berniat membaca buku sebagai bahan tugas esok. Meskipun saat awal-awal membacanya, aku masih diliputi kegalauan.

Pukul 15.30 aku keluar perpustakaan dan hendak menuju kelas. Maksudnya ingin minta materi kuliah dan tanya-tanya tugas. Ternyata di pintu keluar perpus aku jumpa salah satu teman sekelasku. Dari dia aku tahu apa saja yang dipelajari tadi, tugasnya dan juga adanya perubahan jam kuliah dari jam 2 menjadi jam 1.

“Bah, ternyata itu penyebabnya.”

Jadilah ini pembolosan perdana di S2. Dan begitulah asal tanda X kolom tanda tanganku.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *