Expo Science Park #H6

Mulai hari ini, akan banyak kegiatan jalan-jalan dalam aktivitas pelatihanku di Korea. Dimulai dengan keliling kompleks KOICA di pagi hari hingga Expo Park.

Pagi itu, cuaca cerah seperti pagi di rumahku. Matahari bersinar biasa, menyembul dari pepohonan. Yang tidak biasa adalah, udaranya dingin, karena mungkin pagi itu suhu kurang lebih 0 derajat selsius. Meskipun dingin, aku tetap berkeliling kompleks KOICA sambil menunggu keberangkatan bus ke Expo Park.

Sekeliling KOICA

Setelah sepuluh menitan berkeliling, ternyata, bus menungguku di depan KOICA. Mereka mencari keberadaanku pagi itu. “Hehehe. Maaf, tak tahu aku.”

Kami lalu berangkat menuju Expo Park, di kawasan Daejeon, kurang lebih 2 jam dari KOICA. Kawasan yang mirip museum IPTEK di Taman Mini Indonesia Indah ini, awalnya adalah sebuah lokasi bernama Daejeon Expo. Setelah tutup tahun 1993, jadilah ia Expo Park. Kita bisa melihat teknologi-teknologi di Korsel, sejak jaman dahulu hingga masa modern kini.

Tiba di Expo Park

Sehari-hari ia beroperasi mulai pukul 09.30-17.30. Maklum, jam 5 sore di sini sudah seperti jam 7 di Jakarta. Untuk rombongan kami masuk ke sini, dikenai biaya 5.500 KRW, atau sekitar Rp.63.000. Di dalamnya, kami mencoba beberapa wahana, seperti teater IMAX, menonton film 3D, masuk ke museum sains dan teknologi dan naik ke Tower of Great Light. Konon, layar IMAX di tempat ini adalah yang terbesar di dunia.

Wahana Expo Park

Matahari Terbenam dari Great Light Tower

Hari itu kawasan expo sangat sepi. Kalau menurut pemandu wisata kami, karena hari itu adalah hari kerja. Jadi semua sedang berada di kantor, bekerja. Berasa satu kawasan ini milik rombongan kami.

Sepinya Expo Park

Dan tidak lengkap jika ke Korsel tapi tidak menyaksikan teknologi tinggi dan budaya pop mereka. Bentuknya, adalah robot bergoyang ala Psy dalam Gangnam Style.

Oppa Gangnam Style!

Selepas petang, kami pun beranjak pulang. Karena perjalanan relatif jauh dari KOICA, kami diinapkan di kawasan sekitar. Hari pun ditutup dengan karaoke bersama dan menikmati hotel You Sung dengan gedung tuanya.