Keterlibatan Siswa

Setelah sempat kesulitan menghubungkan laptop pengajar dengan proyektor, akhirnya kuliah Kapita Selekta kami dimulai sekitar jam 09.30-an. Kali ini kami kedatangan Mbak Wida, salah satu pengajar di psikologi pendidikan, yang mengkhususkan dirinya di bidang pendidikan anak berkebutuhan khusus. Namun kali ini ia membawakan materi tentang keterlibatan siswa, yang dulu ia dalami ketika mengerjakan tesis S2.

Keterlibatan siswa memiliki 2 definisi, yaitu kesediaan siswa untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan sekolah, mulai dari mengerjakan tugas hingga ikut kegiatan ekstra kurikuler. Definisi lain merujuk pada keterlibatan siswa spesifik dalam kegiatan belajar. Hari itu kami hanya akan membahas definisi yang kedua.

Dari definisi keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar, ada 2 aspek di dalamnya, yaitu keterlibatan dalam kegiatan sehari-hari dan keterlibatan yang berhubungan dengan reaksi siswa kala menghadapi tantangan. Keterlibatan dalam kegiatan sehari-hari berkaitan dengan proses berpikir, emosi dan tingkah laku. Sedangkan keterlibatan yang berikutnya terkait bagaimana siswa cope dengan kegagalan akademis yang dialaminya.

Selain memaparkan definisi, Mbak Wida juga menyajikan beberapa penelitian mengenai keterlibatan siswa. Kesimpulan yang kuperoleh, keterlibatan siswa sangatlah penting dalam sekolah. Tanpa siswa yang terlibat secara akademis, proses pembelajaran tak akan berhasil maksimal. Hanya akan ada siswa-siswa yang datang ke sekolah untuk memenuhi tuntutan orang tua dan juga budaya.

Namun dari seluruh paparan tentang keterlibatan siswa, ada hal yang masih mengganjal di benakku. Keterlibatan siswa dalam hal akademis ini merujuk pada proses belajar yang dilakukan secara tatap muka. Seperti yang diketahui bersama, saat ini teknologi informasi dan komunikasi berkembang dengan sangat cepat. Contohnya adalah perkembangan internet. Melalui internet, pembelajaran yang sifatnya jarak jauh sangat dimungkinkan. Lalu bagaimana dengan keterlibatan siswa dalam lingkungan pembelajaran online? Itu pertanyaanku yang sampai saat ini belum terjawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *