Satu Bulan Lagi

Dear Kakak,

Saat ini sudah bulan Oktober. Tidak terasa akan segera tiba di bulan November. Pada bulan itu, kamu diprediksi akan lahir; sekitar 5 atau 6 November. Ayah dan ibu, termasuk kakek nenekmu sudah mempersiapkan banyak hal, namun juga perlu mempersiapkan hal lain lagi.

Sudah lebih dari 2 bulan ibu ikut kelas prenatal yoga, bersama komunitas gentle birth. Sesekali ayah juga ikut; jika diminta oleh instrukturnya. Ibu juga ikut senam hamil di RS. Bunda Margonda. Sekaligus membiasakan diri dengan suasana di rencana tempatmu dilahirkan.

Tidak sabar menunggu kakak

Tidak sabar menunggu kakak untuk mulai bertualang

Ayah dan ibu juga sudah belanja bermacam kebutuhanmu. Boks tempat tidur, baju, celana, bedong, selimut; hampir semua yang kami pikir akan dibutuhkan, sudah tersedia. Ada yang beli sendiri, dibelikan dan dapat lungsuran. Hihihi

Persiapan yang tak kalah heboh tentunya dari opamu. Dia sampai pergi ke Surabaya, menjemput si biru; yang lebih ramah anak jika dikendarai. Belum lagi beli onderdil atau aksesoris, dan nge-bengkel juga.

Namun persiapan terpenting adalah dari ayah dan ibu. Setelah sesi pemeriksaan di bulan ke-36, potensi pre-eklampsia. Tanda-tanda utama yang muncul pada ibu adalah tekanan darah yang tinggi.  Pertama kali periksa, sekitar 110, namun saat ini sudah 130.

Ibu juga diminta memeriksa urin, untuk melihat apakah ada protein di dalamnya. Jika ada, harus segera ke dokter dan, mungkin, harus mempertimbangkan melahirkan kakak secara cesar.

Solusinya, dokter memberikan beberapa obat, untuk pengencer darah, antioksidan, anti-hipertensi dan mendorong makanan yang sehat: non-kolesterol, tidak berminyak, less-fat. Ibu juga harus mulai beristirahat di tempat tidur; dan mengurangi pekerjaan berpikir. Hihihi. Tidak lupa juga untuk berdoa.

Kakak, ayah dan ibu akan saling mengingatkan dan berusaha ya. Saat ini berat badanmu sudah naik terus. Minggu lalu baru sekitar 2 kg, namun sekarang sudah 2.4 kg, dari batas aman sekitar 2.5 kg. Yeiyyyy!

Doakan ya, kakak. Kami sayang pada kakak!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *