Semua Ada Waktunya

Segala sesuatu akan ada waktunya.

Dulu aku pernah menggunakan waktu untuk mendaftarkan diri berkuliah di negara lain. Aku pernah, kala itu 3 bulan ikut les TOEFL iBT supaya dapat skor cukup, lalu ikut tesnya. Pernah juga kegirangan karena mendapatkan hasil tes yang lebih dari cukup. Cukup penuh perjuangan saat itu.

Yang paling berat mungkin karena pikiran yang sudah tak lagi di Indonesia. Sudah terbayang akan naik pesawat menuju Enschede, Belanda. Terbayang akan nonton pertandingan sepakbola, langsung dari stadionnya. Terbayang bermain salju di musim dingin. Juga sampai terbayang akan video chat dengan kekasih di Indonesia. Apalagi saat itu aku sudah diterima di University of Twente.

Namun perjuangan hampir 5 bulan berakhir antiklimaks. Tak ada yang bisa membiayai keberangkatan dan juga perkuliahanku. Aku tak dapat 1 pun beasiswa yang kudaftar, dengan bermacam alasan (atau tidak ada alasan sama sekali). Dengan amat berat hati, aku tinggalkan rencana dan angan-angan untuk merantau.

Tapi itu 3 tahun lalu.

Setahun berikutnya aku kembali ke kampus psikologi, belajar pendidikan. Bertemu dengan kawan baru dari berbagai kampus dan propinsi. Bertemu dengan pengajar-pengajar, yang makin kuanggap sebagai rekan. Dan juga dibimbing dalam pengerjaan tesis oleh salah seorang yang membentuk jalan hidupku sampai saat ini.

Dan lusa, aku akan membagikan hasil penelitianku. Tentang pembelajaran online, dilihat dari kacamata psikologi pendidikan. Mungkin belum banyak yang nyebur di bidang ini. Itu adalah tantanganku. Dan aku bangga telah bisa diberkahi tantangan dan kekuatan untuk menghadapinya.

Tesis siap uji

Ya, ini adalah waktu yang telah diberikan padaku, supaya aku berkarya di dalamnya. Sedih memang saat rencana tak sesuai dengan kenyataan. Tapi kesempatan baru selalu muncul saat ada kesempatan yang hilang, asal kita mencarinya.

Dan lusa adalah waktuku.

5 thoughts on “Semua Ada Waktunya

  1. Sukses, Kak Mokoooo!!! Good luuuucccckkkk!!! Gue kirim doa dari sini. Ikhlas! Bantai dosen pengujinya! Bantaiiiii!!! *halah*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *